Oktober 25, 2024

DPC Demokrat Laksanakan PAW Anggota DPRD Surabaya 

suararakyatjatim.com – DPC Demokrat Surabaya segera melaksanakan pergantian antar waktu (PAW) anggota Fraksi Demokrat Nasdem di DPRD ini. Meski masa jabatan anggota DPRD Surabaya periode 2019-2024 tinggal beberapa bulan masa tugasnya. 

Ketua DPC Demokrat Surabaya Lucy Kurniasari menjelaskan PAW digelar karena anggota Fraksi Demokrat Nasdem yang anggota Komisi B DPRD Ratih Retnosari meninggal pada September 2023.

Proses PAW terus berjalan lebih lama hingga ke DPP Partai Demokrat. Lucy berdalih karena prosesnya menyesuaikan waktu yang tepat karena awal proses bersamaan dengan Capres. “Tapi besok PAW Bu Ratih akan dilantik di DPRD Surabaya,” kata Lucy.

Ratih adalah politisi senior Partai Demokrat yang pernah menjabat Wakil Ketua DPRD Surabaya. Ratih meninggal dunia karena sakit pada September 2023. Saat ini, dia tercatat sebagai anggota Komisi B DPRD Surabaya.

Ratih adalah anggota DPRD Surabaya tiga periode. Dia juga mencalonkan lagi untuk Pileg 2024 ini. Perempuan yang pernah jadi wakil ketua DPRD Surabaya itu nyaleg DPRD Surabaya dari Demokrat nomor urut 1 di Dapil 4. Meliputi Kecamatan Wonokromo, Gayungan, Jambangan, Sawahan, dan Sukomanunggal.

Lantas siapa pengganti Ratih? Pengganti sisa masa jabatan itu adalah Airlangga Justita. Putra dari seorang politisi senior Demokrat Hartoyo. Airlangga juga satu Dapil dengan Ratih pada Pileg 2019 lali.

Sementara itu, kepastian pelantikan PAW ini juga disampaikan Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono. Adi yang juga Ketua DPC PDIP Surabaya ini menyampaikan bahwa PAW itu sudah masuk agenda DPRD.

“Besok Rabu, Pak Airlangga akan diambil sumpah. Semoga sisa masa bakti itu bisa dimaksimalkan hingga masa tugas berakhir. Sampai kapan, sampai hasil Pileg 2024 untuk DPRD Surabaya dilantik,” kata Adi.(why)