Oktober 25, 2024

APBD 2025, DPRD Surabaya Dorong Pembangunan RSUD Surabaya Selatan di Kawasan Karangpilang Segera Terealisasi

suararakyatjatim.com – Progres pembangunan RSUD Surabaya Timur saat ini sudah mencapai 99 persen dan tahap finishing, rencananya akan diresmikan oleh Eri Cahyadi Wali kota Surabaya setelah berakhirnya masa cuti kampanye tanggal 24 November 2024 mendatang. 

Setelah sukses merampungkan RSUD Surabaya Timur, pada tahun 2025 Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan membangun kembali RSUD Surabaya Selatan yang informasinya berlokasi di kawasan Kecamatan Karangpilang, Surabaya.

Terealisasinya RSUD Surabaya Selatan tahun depan, mendapat respons dari anggota DPRD Kota Surabaya Ajeng Wira Wati.

Menurutnya, sudah seharusnya dengan penduduk sekitar 3 jutaan setiap wilayah harus ter-cover layanan kesehatan yang standar dan memenuhi kualifikasi.

“Keberadaan RSUD baru di Surabaya Selatan nanti sebagai bentuk pemerataan pembangunan layanan fasilitas kesehatan. Namun harus diimbangi oleh pelayanan prima. Standar mutu kebutuhan pelayanan terpenuhi dan kepuasan tercapai,” ujar Ajeng Wira Wati.

Ajeng menerangkan, Surabaya sudah punya tiga RSUD, yakni RSUD Soewandhie di wilayah Surabaya tengah-utara, wilayah Surabaya barat ada RSUD Bakti Dharma Husada (BDH) dan Surabaya timur segera dioperasikan RSUD Surabaya Timur di Jl MERR Rungkut.

“Dengan meratanya RSUD di setiap wilayah, akan meningkatkan akan mengurangi penumpukan, karena kehadiran pasien di RSUD meningkat,” ujarnya.

Selain itu, warga Surabaya tak lagi jauh-jauh untuk mendapatkan layanan kesehatan.

“Sebenarnya kami ingin mencapai layanan kesehatan yang baik. Utamanya adalah faskes pertama dan faskes kedua yang lebih terintegrasi, supaya tidak terjadi lagi fenomena penumpukan rawat inap, operasi dan tindakan lainnya,” tutur Ajeng.

Politisi perempuan Gerindra ini melihat, bahwa kebanyakan pasien datang dengan kondisi sakit dan langsung membutuhkan kamar inap. Padahal kondisi ini bisa dicegah jika pasien rutin ke faskes pertama, puskesmas atau klinik.

Caption: tampak depan tahap finishing RSUD Surabaya Timur.(*)

Sementara itu, Iman Krestian Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPR KPP) kota Surabaya mengatakan, progres pekerjaan rumah sakit Surabaya Timur saat ini tahap finishing dan sudah 99 persen, “Tinggal 1 persen pemasangan interiornya saja.” ujar Iman kepada media ini, Jumat (11/10/2024).

Rencananya akan beroperasi bulan November setelah diresmikan oleh Wali kota Surabaya setelah selesai masa cuti tanggal 24 November 2024 mendatang.

Iman mengatakan, sedangkan rencana proyek pembangunan RSUD Surabaya Selatan itu sudah disetujui dalam APBD 2025.

Bahkan, APBD tahun depan itu juga sudah menganggarkan untuk pembangunan RSUD Surabaya Selatan itu sebesar Rp 305 miliar.

“Sudah dianggarkan dan tinggal pelaksanaan tahun 2025 besok. Lokasinya memang di daerah Karangpilang. Selanjutnya akan berproses sesuai mekanisme seperti pembangunan RSUD Surabaya Timur,” kata Iman.

Tapi dengan anggaran ratusan miliar itu, diprediksi sudah menjadikan gedung RSUD itu cukup representatif dan modern. Kemungkinan awal 2025 sudah dimulai pengerjaan.(ADV/why)