Oktober 25, 2024

Pengusaha Lakarsantri Getol Dukung Pagelaran Ruwat Deso dan Renovasi Punden Mbah Denok Lakarsantri

suararakyatjatim.com – Felix Prasetya selaku Pengusaha Surabaya hadiri pagelaran Ruwat Deso di Lakarsantri RW 04, Surabaya dalam rangka agenda tahunan untuk melestarikan cagar budaya Punden Dewi Larasati (mbah Denok) telah berlangsung selama tiga hari.

Dari pantauan suararakyatjatim.com di lokasi lapangan Lakarsantri RW 04, Felix Prasetya disambut antusias ratusan warga Lakarsantri RW 04.

Felix Prasetya mengatakan, sebagai generasi muda harus menjunjung adat istiadat dan melestarikan budaya di Lakarsantri.

“istilahnya makna dari arti meruwat desa yakni sama saja meruwat di tempat tinggal kita”, katanya, Minggu (17/9/2023).

Agar tidak salah penafsiran buat apa punden tersebut. Felix mengungkapkan, punden adalah pendiri pertama kali yang meninggalkan tempat kita.

“Beharap warga Lakarsantri harus sowan, menghormati dan menghargai supaya tempat yang kita tinggal tidak ada halangan dan rintangan apapun,” ungkap dia.

Felix menambahkan, meski lokasi Punden Mbah Denok berada di dalam lapangan golf Citraland namun sudah berstatus sertifikat hak milik warga. Ia menjelaskan, renovasi Punden Mbah Denok diambilkan swadaya warga, maka kita sedikit banyak membantu keinginan warga mewujudkan pembangunan pendopo tersebut.

“Jadi hari ini dengan bertepatan agenda sedekah bumi di Lakarsantri RW 04 sekaligus meresmikan punden tersebut. Saya berharap kepada warga agar melestarikan dan menjaga punden Mbah Denok untuk generasi penerusnya,” ujar dia.

Lanjutnya, yang menjadi motifasi Felix Prasetya begitu peduli dengan warga Lakarsantri yakni kita sebagai manusia biasa salama dikasih rejeki Allah SWT kalau bisa saling tolong menolong. “Jadi kekayaan adalah titipan, siapapun kapan dipanggil sama yang maha kuasa dan kalau ingin selamat selama hidup harus memberikan yang terbaik,” ungkapnya.

Mulyosari selaku Ketua RT 02 Lakarsantri, memastikan bahwa keberadaan Punden Mbah Denok di lokasi lapangan Golf Citraland merupakan lahan milik warga.

Sebelumnya, untuk perawatan atau pemeliharaan punden tersebut diambilkan dana swadaya warga setempat tidak ada bantuan dari Pemkot Surabaya.

“Alhamdulillah warga setempat sangat dermawan memberikan dukungan dalam bentuk materi maupun tenaganya. Tidak lupa saya mengucapkan terimakasih kepada Felix Prasetya yang juga mendukung pembangunan pendopo punden Mbah Denok, semoga beliau dimudahkan rejekinya dan panjang umur,” Pungkasnya.(why)