Oktober 25, 2024

Pemkot Alokasikan Dana Rp 60 Miliar Kebut Pembangunan JLLB Raya Sememi

suararakyatjatim.com – Pemerintah kota (Pemkot) Surabaya tahun depan akan melanjutkan pembangunan Jalur Lingkar Luar Barat (JLLB) raya Sememi dengan menggunakan dana APBD sebesar Rp 60 miliar. 

Adi Gunita Kabid Jalan dan Jembatan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) kota Surabaya mengatakan, tahun depan mungkin ada APBD untuk melanjutkan pembangunan jalur lingkar luar barat (JLLB), anggaran Rp 60 miliar. Tapi nanti kita selesaikan dari sisi akses simpang, simpang yang menuju tol Romokalisari sampai ke Pelindo, ke arah selatan kita selesaikan terlebih dulu.

“Biar nanti tetap akan kita usulkan ke pusat, biar nanti kalau ada bantuan dari pusat bisa dipakai untuk pemerintah pusat. Karena kan memang anggarannya cukup besar untuk menyelesaikan sepanjang 1,9 km. terang Adi, Selasa (25/6/24).

Menurut Adi, kalau kita fokus dari raya Sememi ke simpang sebidang panjangnya 1,9 kilo yang belum terselesaikan, itu anggarannya sekitar Rp 225 miliar, “Kalau dari APBD bisa sharing Rp 60 milar, sisanya kita ajukan ke pusat dan bisa diselesaikan bareng-bareng alangkah lebih baik.” ujar Adi.

Untuk kelanjutan pembangunan dari raya Sememi ke Bukit Palma, Adi menjelaskan, nanti dari raya Sememi tetap kita konsentrasinya bertahap, pengadaan tanah mungkin jadi konsentrasi ditahun tahun selanjutnya. “Tapi anggaran terfokus nanti akan di fisiknya, karena dari utara ke raya Sememi sudah clear bebas semua. Itu yang mungkin akan jadi prioritas.” paparnya.

“Untuk raya Sememi ke selatan yang tembus ke Boulevard Citra land sambil jalan bertahap.” imbuhnya.

Tahun depan DSDABM akan melanjutkan pekerjaan fisik dari raya Sememi ke utara. “Tahun depan, kita akan lanjutkan pembangunan fisik dari raya Sememi ke utara tembus ke Pelindo.” pungkasnya.(di/why)