Oktober 25, 2024

Ipda Hendra Yudha Ardhiansyah Raih Gelar Doktor Ilmu Hukum dengan Predikat Sangat Memuaskan

suararakyatjatim.com – Pasca Sarjana kembali mengkukuhkan lulusan doktor program S3 Ilmu Hukum yakni, Dr. Ipda Hendra Yudha Ardhiansyah, SH. MH. Salah satu personil Polri yang bertugas di Direktorat Kepolisian Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Jawa Timur. Berhasil meraih gelar doktor setelah menyelesaikan sidang terbuka di Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya.

Hendra sendiri, menjabat sebagai Panit II Intelair Subdit Gakkum, Ditpolairud. Ia menyelesaikan disertasinya dihadapan penguji dengan judul “pelarangan penggunaan pukat hela (jaring trawl) dalam penangkapan ikan untuk melindungi nelayan kecil yang berkeadilan” dengan predikat sangat memuaskan.

Secara ekologis penggunaan pukat hela (jaring trawl) bertentangan dengan prinsip perlindungan hukum sumber daya kelautan, sumber daya perikanan, menimbulkan kerusakan ekologi, terumbu karang, biota laut dan keanekaragaman hayati lainnya.

Pukat hela juga (jaring trawl) mematikan proses regenerasi ikan-ikan kecil sebagai sumber daya perikanan karena akan membawa serta seluruh sumber daya alam dan material yang ada di dasar laut.

“Secara yuridis, pelarangan bertujuan untuk mengatur penggunaan pukat hela (jaring trawl) agar Masyarakat, khususnya nelayan kecil memperoleh keadilan dalam pemanfaatan sumber daya perikanan, serta kedaulatan negara tetap terjaga,” kata Ipda Hendra Yudha Ardhiansyah.

“Ada sedikitnya tujuh rekomendasi kebijakan yang perlu dihasilkan untuk mejadikan sebuah keadilan bagi para nelayan kecil,” lanjut dia.

Caption: Ipda Hendra Yudha Ardhiansyah Saat Menerima Gelar Doktor di Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya.(*)

Kemudian Ipda Hendra Yudha Ardhiansyah, juga menyampaikan banyak terima kasih Irjen Pol Imam Sugianto, Kapolda Jatim, serta Direktur Polairud Polda Jatim Kombes Pol Arman Asmara, yang telah merekomendasikannya untuk menempuh jalur Pendidikan hingga meraih gelar doktor. Dukungan dari pimpinan dan rekan-rekan Ditpolairud sangat membantu atas pencapaian tersebut.

“Terima kasih kepada Kapolda Jatim serta Dirpolairud yang telah merekomendasikan saya untuk menempuh jalur Pendidikan formal akademik, disela kegiatan dinas saya menyempatkan untuk kuliah dan belajar, tentunya ini berkat dukungan pimpinan dan rekan-rekan Ditpolairud hingga saya bisa meraih gelar doktor,” ucap Ipda Hendra.

“Saya berharap gelar doktor yang saya peroleh hari ini dapat melindungi nelayan kecil yang berkeadilan semoga perjalanan ini menjadi inspirasi bagi anak-anak saya dan anggota Ditpolairud Polri untuk terus mengejar ilmu yang berfungsi untuk kemajuan bangsa dan negara,” pungkasnya.

Sebelumnya Ipda Hendra Yudha Ardhiansyah telah menyelesaikan Program Studi S1 di Universitas Kartini, Fakultas Hukum, lulus tahun 2014, kemudian pendidikan S2 di Universitas Dr. Soetomo, Fakultas Hukum, lulus tahun 2016, kemudian program doktor (S3) masuk tahun 2018 di Universitas 17 Agustus 1945 pada program studi Ilmu Hukum.

Pada kesempatan tersebut Direktur Polairud Polda Jatim menyampaikan ucapan selamat kepada Ipda Hendra Yudha Ardhiansyah yang telah lulus dan mendapat gelar doktor. Ditpolairud selalu mendukung setiap personelnya guna mengikuti Pendidikan formal akademik diberbagai Perguruan Tinggi.

“Pada hari ini salah satu putra terbaik Polri dari Ditpolairud Polda Jatim telah mendapatkan gelar doktor, saya ucapkan selamat kepada Ipda Hendra Yudha Ardhiansyah,” ucap Ditpolairud Kombes Pol Arman Asmara.(why)